Penyaluran Bantuan Non-Tunai Lebih Efektif dan Tepat Sasaran

06 October 2016


Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) bersama dengan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) dan Telkomsel kembali mengadakan uji coba tahap kedua penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah pada Rabu (5/10) dibeberapa titik lokasi di Kelurahan Karanggan dan Kelurahan Telanjung Udik, Bogor (Jawa Barat), Kelurahan Kp. Baru dan Kelurahan Gajahan, Surakarta (Jawa Tengah), Kelurahan Kp. Rambutan dan Kelurahan Kelapa Dua Wetan (Jakarta Timur), serta Kelurahan Matsum II dan Kelurahan Matsum IV, Medan (Sumatera Utara). Adapun kegiatan serupa telah sebelumnya dilakukan di Medan, Jakarta, Bogor dan Solo.

Bambang Widianto, Sekretaris Eksekutif TNP2K yang hadir dalam uji coba ini mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial non-tunai bagi masyarakat yang membutuhkan sekaligus bentuk dukungan kepada pemerintah dalam percepatan keuangan inklusif (financial inclusion) dan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNTT) melalui teknologi informasi sehingga pemerintah dapat memastikan keakuratan distribusi yang dilakukan.

“Melalui program kemitraan yang sedang di uji coba ini diharapkan dapat mengindentifikasi potensi yang ada serta merumuskan inovasi terbaik dalam membangun layanan keuangan khususnya dalam hal penyaluran bantuan dari pemerintah sehingga dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat serta membangun kemampuan masyarakat dalam mengakses layanan keuangan,” ujar Bambang.

Rudy Hamdani Vice President MFS Operations Telkomsel menjelaskan, bahwa dalam uji coba ini 98% penerima manfaat berpartisipasi dalam pencairan bantuan sosial tahap pertama, dan sebagian besar penerima manfaat merasa mekanisme yang ditawarkan dan dirasakan masyarakat karena lebih mudah, cepat, dan bisa dicairkan kapan saja dibutuhkan di agen terdekat. Selain itu, jenis pangan dapat dipilih sehingga penerima manfaat bisa mendapatkan pangan dengan kualitas lebih baik.

“Ini merupakan bagian dari persiapan implementasi penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah tahun 2017 kepada 15 juta penerima manfaat. Sosialisasi layanan dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan pihak kelurahan dan agen agar masyarakat dapat betul-betul merasakan manfaat dari layanan yang ditawarkan,”ujar Rudy.

Uji coba yang dilakukan TNP2K bersama dengan Telkomsel dan BTPN dengan cara memanfaatkan rekening BTPN Wow! sebagai saluran bagi para penerima manfaat untuk mendapatkan bantuan sosial yang dikirimkan secara non-tunai. BTPN Wow! adalah sebuah layanan perbankan yang dapat diakses melalui berbagai tipe ponsel dan didukung jasa agen untuk meningkatkan jangkauan bank ke masyarakat di pelosok.