14 March 2013


Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Bambang Widianto mengajak Perusahaan Swasta untuk lebih meningkatkan kerjasama dalam pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR). Bambang Widianto meyakini bahwa keterlibatan Perusahaan Swasta dalam penanggulangan kemiskinan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap efektifitas Penanggulangan Kemiskinan di Indonesia.

Pendapat tersebut disampaikan pada saat berbicara dalam Konferensi Internasional Tanggung Jawab Sosial ke-4 (The 4th International Conference on Corporate Social Responsibility) di Balai Kartini Jakarta, yang diprakarsai oleh Indonesia Business Links (IBL) tanggal 14 Maret 2013. “Kemiskinan adalah masalah kita bersama, bukan hanya Pemerintah. Dan jika semua pihak ikut terlibat termasuk termasuk Perusahaan Swasta melalui program-program CSR, dampak dari upaya Penanggulangan Kemiskinan akan semakin besar,” Jelas Bambang.

Lebih lanjut Bambang Widianto mengatakan bahwa dalam upaya meningkatkan efektifitas program CSR, salah satu syarat utama adalah bagaimana Perusahaan Swasta dapat mempertajam sasaran program CSR agar dapat menjangkau target atau sasaran penerima manfaat yang tepat.

Penajaman sasaran selain bermanfaat untuk mencegah terjadinya duplikasi program, juga dapat mempercepat perluasan penerima manfaat. Pada kesempatan tersebut, Bambang juga mengundang kalangan Perusahaan Swasta untuk datang ke kantor TNP2K dan berdiskusi bagaimana memperkuat penetapan sasaran program-program CSR.

Lebih lanjut dikatakannya, selain membantu penajaman sasaran, TNP2K dapat membantu Perusahaan Swasta terkait pelaksanaan program CSR dalam hal fasilitasi dan komunikasi dengan Pemerintah Daerah dan Institusi Pemerintah lainnya, serta membantu mempertemukan antara pihak pelaksana Program Penanggulangan Kemiskinan dengan Perusahaan Swasta yang berminat untuk mengarahkan program CSR pada upaya penanggulangan kemiskinan. Untuk memberikan gambaran secara umum,

Sekretaris Eksekutif TNP2K juga menjelaskan secara umum peran TNP2K, prioritas kerja TNP2K, serta penjelasan mengenai Basis Data Terpadu.

Untuk membaca paparan Sekretaris Eksekutif TNP2K, lihat disini.