TNP2K Conducts Monitoring And Evaluation On Partnership For Stunting Prevention Pilot In Kapuas Hulu

09 April 2019


TNP2K bersama organisasi perangkat daerah Pemda Kapuas Hulu dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia (YBTCI) melakukan monitoring dan evaluasi atas program kemitraan cegah anak kerdil (stunting) di dusun Mantan. Kegiatan ini memantau capaian program yang telah dilaksanakan sejak enam bulan lalu diantaranya pembangunan jamban, sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat, sosialisasi jaminan kesehatan serta pembagian bibit tanaman dan sayuran bagi rumah tangga.

Hasil pengamatan menunjukkan mulai terjadinya perubahan perilaku masyarakat yang lebih sehat dimana anggota rumah tangga menggunakan jamban secara rutin. Selain itu terlihat antusiasme mereka untuk menanam sayuran disekitar pekarangan untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari.

OPD Kapuas Hulu-Monev

Dalam rapat evaluasi setelah kegiatan pemantauan, Kasubbid Kesejahteraan Sosial Bappeda Kapuas Hulu Arie Budiwan menyatakan apresiasinya atas terselenggaranya program percontohan kemitraan cegah anak kerdil ini, “Kami merasakan manfaat program ini terutama bagi masyarakat dusun Mantan. Kedepannya kami harapkan TNP2K melanjutkan pendampingan seperti ini untuk wilayah lain di kabupaten kami,” ungkapnya.

Program percontohan kemitraan cegah anak di dusun Mantan menyasar 102 rumah tangga berdasarkan basis data terpadu TNP2K. Dalam kegiatan ini YBTCI memberikan bantuan pembangunan jamban untuk 17 rumah tangga serta membagikan bibit sayuran dan tanaman kepada seluruh rumah tangga sasaran.