TNP2K Dorong Layanan Keuangan Inklusif Untuk Menjangkau Masyarakat Miskin

19 April 2016


Sekretaris Eksekutif TNP2K Bambang Widianto ikut meluncurkan produk layanan keuangan inklusif Telkomsel dan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) berupa layanan keuangan terhubung TCash – BTPN Wow. Peluncuran tersebut dilakukan secara nasional bersamaan dengan program edukasi masyarakat di Desa Ciampea, Bogor, Jawa Barat (18/4/2016).

Bambang Widianto, Sekretaris Eksekutif TNP2K yang dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap kerjasama layanan keuangan terhubung pertama antara operator seluler dan Bank. “Melalui kerjasama yang terjalin antara operator seluler dan Bank ini diharapkan akan memperluas layanan keuangan terhubung yang sekaligus memberikan kemudahan bertransaksi dan menabung melalui telepon genggam, terutama bagi masyarakat yang belum tersentuh layanan lembaga keuangan formal (unbanked segment) khususnya masyarakat miskin di berbagai wilayah tanah air hingga ke pelosok,” ujar Bambang.

Lebih lanjut disampaikan oleh Bambang Widianto bahwa upaya pengentasan kemiskinan antara lain juga melalui upaya untuk memberikan akses layanan keuangan kepada masyarakat miskin. Dan inisiatif Telkomsel dengan BTPN merupakan salah satu contoh baik.

Layanan yang diluncurkan ini menghubungkan mobile money TCash serta rekening tabungan BTPN Wow! yang merupakan layanan perbankan dengan memanfaatkan telepon genggam, sehingga menjadikan layanan keuangan terhubung pertama di Indonesia yang mengkombinasikan kekuatan produk dan jaringan telekomunikasi dengan produk dan jaringan perbankan.

Sebelum diluncurkan secara nasional, layanan keuangan terhubung TCash – BTPN Wow telah diuji coba sejak pertengahan bulan Maret 2016 di lima kota, yaitu Lampung, Bandung, Tasikmalaya, Cirebon dan Bogor. Uji coba tersebut menunjukan hasil positif dan sambutan yang baik dari masyarakat. Untuk terus menyempurnakan layanan, Telkomsel dan BTPN berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan guna melanjutkan kesuksesan tersebut pada roll out nasional.

Layanan ini sangat relevan dengan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) dan percepatan keuangan inklusif di Indonesia. Selain itu kemitraan yang lebih luas dari Telkomsel dan BTPN akan membuka akses masyarakat pada layanan keuangan lainnya seperti micro-loan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta produk asuransi.

Dengan terhubungnya kedua layanan ini, masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan berbagai transaksi perbankan, seperti membayar tagihan air atau listrik, membeli pulsa, mengirim uang, menabung, bahkan membayar zakat sekalipun.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, kolaborasi antara Telkomsel TCASH dengan BTPN Wow! merupakan salah satu perwujudan visi Telkomsel dalam menciptakan ekosistem layanan keuangan mobile yang terintegrasi. Tujuannya untuk turut mengakselerasi keuangan inklusif bagi masyarakat Indonesia."Layanan ini disasar untuk wilayah-wilayah terpencil yang selama ini belum tersentuh oleh perbankan. Saat ini layanan perbankan baru menjangkau 40 persen di seluruh Indonesia. Baik di wilayah yang sangat terpencil maupun di perkotaan," kata Ririek.

Hal senada juga disampaikan Direktur Utama BTPN, Jerry Ng, bahwa kerjasama strategis yang terjalin ini merupakan komitmen perusahaan untuk mengambil peran penting dalam mewujudkan keuangan inklusif, mendorong laju pertumbuhan ekonomi, yang pada akhirnya memberi kontribusi bagi Indonesia.