TNP2K Menyerahkan 98 (Judul) Buku Kepada Perpustakaan Sekretariat Wakil Presiden

26 July 2019


Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Bambang Widianto menyerahkan produk-produk pengetahuan (publikasi) TNP2K kepada Perpustakaan Sekretariat Wakil Presiden di kantor Sekretarian Wakil Presiden. Publikasi tersebut merupakan hasil akumulasi pengetahuan yang didapat dari penelitian dan pelaksanaan progam TNP2K selama lima tahun terakhir.

Sebanyak 98 judul publikasi dengan berbagai tema seperti Bantuan Sosial, Basis Data Terpadu, Penggunaan Dana Desa dan lain-lain, telah diserahkan oleh Sekretaris Eksekutif TNP2K Bambang Widianto kepada Kepala Biro Umum Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Wakil Presiden, Azhari Maulana. 

Selama beberapa tahun terakhir, TNP2K senantiasa menghasilkan berbagai produk publikasi yang dibuat untuk memperluas pemanfaatan pengetahuan terkait upaya penanggulangan kemiskinan. Seluruh publikasi TNP2K merupakan hasil kajian, penelitian, uji coba serta hasil monitoring dan evaluasi berbagai kebijakan. Hal ini sejalan dengan pendekatan TNP2K yang mengedepankan rekomendasi kebijakan berbasis data dan fakta (evidence-based policy making) di bidang penanggulangan kemiskinan kepada kementerian dan lembaga terkait serta pimpinan tertinggi negara.

Penyerahan publikasi TNP2K kepada Perpustakaan Sekretariat Wakil Presiden, selain untuk penambahan koleksi Perpustakaan, juga sebagai sarana penyediaan referensi pengetahuan terkait upaya penanggulangan kemiskinan yang selama ini telah didokumentasikan dan dijadikan referensi serta rekomendasi kebijakan dibidang penanggulangan kemiskinan. 

Produk publikasi TNP2K

Dalam sambutan pada saat penyerahan publikasi TNP2K tersebut, Bambang Widianto menyampaikan harapannya agar perpustakaan Sekretariat Wakil Presiden ini dapat menjadi pusat rujukan dan pusat studi kegiatan Wakil Presiden. 

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla telah meninjau Perpustakaan Sekretariat Wapres pada Rabu, 3 Juli 2019 yang lalu dan menyempatkan menandatangani lukisan dirinya di perpustakaan tersebut.

TNP2K merupakan Lembaga yang dibentuk sebagai wadah koordinasi lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan di tingkat pusat yang diketuai Wakil Presiden Republik Indonesia, yang bertujuan untuk menyelaraskan berbagai kegiatan percepatan penanggulangan kemiskinan.

Untuk mengetahui lebih lanjut kontribusi TNP2K dalam upaya penanggulangan kemiskinan, silakan menuju ke tautan ini

​​​​​​​