TNP2K Showcases Government Social Program To NCTO Nigeria

12 November 2018


Koordinator Kepala Pokja Kebijakan TNP2K Elan Satriawan menerima rombongan Kantor Bantuan Tunai Langsung (NCTO) pemerintah Nigeria yang melakukan studi banding terhadap penyelenggaraan program-program bantuan sosial di Indonesia. Bagi Nigeria, Indonesia merupakan salah satu negara yang dipandang cukup berhasil dalam menyelenggarakan program bantuan sosial selain Brazil dan Kenya.

Pemimpin rombongan NCTO Adam Ibraheem Salisu dalam sambutannya mengatakan bahwa Nigeria sangat tertarik untuk mengetahui lebih jauh dua program bantuan yang telah diterapkan Indonesia yaitu Jaring Pengaman Sosial dan Bantuan Tunai Langsung, “Kami ingin belajar semua tantangan yang dihadapi oleh Indonesia dalam menyelenggarakan dua program besar ini agar kami dapat merancang program dengan baik di Nigeria,” paparnya.

Dalam sambutannya Elan mengatakan bahwa Indonesia banyak belajar dalam menyelenggarakan program bantuan sosial selama ini dan berharap Nigeria dapat memetik praktik-praktik terbaik yang telah dikumpulkan oleh TNP2K, “Kami merasa bahwa apa yang telah dicapai pemerintah sudah berada pada jenjang yang baik, namun demikian kami juga mengakui bahwa masih banyak hal-hal yang harus disempurnakan agar program bantuan pemerintah menjadi semakin efisien dan tepat sasaran. Semoga apa yang kami paparan hari ini dapat dirasakan manfaatnya bagi pelaksanaan program bantuan di Nigeria,” tutur Elan.

Dalam sesi tanya jawab semua peserta mengajukan berbagai pertanyaan mulai dari yang sangat teknis mengenai perangkat keras yang diperlukan untuk mengelola basis data terpadu hingga hal-hal yang berkaitan dengan kondisi sosial seperti bagaimana pemerintah menyalurkan bantuan kepada kepala rumah tangga yang memiliki lebih dari satu istri.

Adam juga menyampaikan keinginan rombongan untuk melakukan kunjungan lapangan guna bertemu dengan keluarga penerima manfaat program bantuan pemerintah untuk mendapat gambaran yang lengkap dari dampak pelaksanaan program bantuan di Indonesia.

Dalam acara ini Koordinator Kepala Pokja Kebijakan TNP2K didampingi oleh Kepala Unit Bantuan Sosial Sri Kusumastuti Rahayu, Kepala Unit Basis Data Terpadu Mahfudh dan Kepala Pokja Ekonomi R.M. Purnagunawan.