Voucher Pangan Pengganti RASKIN Akan Diuji Coba Agustus Mendatang

20 July 2016


Pemerintah akan melakukan uji coba penggunaan voucher pangan sebagai pengganti program beras untuk rakyat miskin (raskin) di beberapa daerah, pada bulan Agustus mendatang.

“Bantuan pangan non-tunai akan diuji coba di 8 kabupaten dan 20 kelurahan/desa di Indonesia, di antaranya Kota Medan, Kota Jakarta Timur, Kota Jakarta Pusat, Kabupaten Bogor, Kabupaten Surakarta, Kabupaten Malang, Kabupaten Sidoarjo, dan Kota Makasar,” kata Sekretaris Eksekutif Tim Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Bambang Widanto kepada wartawan, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (19/7) petang.

Menurut Bambang, sasaran pemberian raskin non tunai atau melalui voucher pangan ini adalah 15 juta rumah tangga.

Namun untuk tahap ujicoba, menurut Bambang, akan dilakukan kepada 5.000 rumah tangga berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik) yang dikelola oleh Kementerian Sosial.

“Data BPS ini diperoleh melalui pencacahan yang dilakukan dari rumah ke rumah, bukan sampling,” jelas Bambang.

Untuk mendukung sistem ini, lanjut Bambang, pemerintah juga melakukan kerja sama dengan 5 bank besar di Indonesia, diantaranya Bank Mandiri dan Bank BRI.

Hati-Hati
Sebelumnya Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, untuk bantuan raskin dalam jangka panjang dipersiapkan untuk diubah menjadi non tunai, menjadi bantuan pangan non tunai dan sistemnya sedang dibangun.

“Prinsipnya Presiden setuju menyepakati ini, tetapi harus hati-hati karena faktor beras miskin ini, beras untuk masyarakat yang kurang mampu ini sangat mempengaruhi kemiskinan masyarakat di bawah,” jelas Pramono.

Sumber : Setkab

Berita lain : Kontan.co.id, Beritasatu.com, Antaranews.com, Republika.co.id dan Kabarna.id