VP Visits Pilot Village

05 July 2018


Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Presiden Bank Dunia Jim Young Kim meninjau desa Dakung Lombok Tengah untuk melihat konvergensi upaya penanggulangan stunting (anak kerdil). Dalam kunjungan tersebut Wakil Presiden dan Presiden Bank Dunia melihat bagaimana upaya seorang kader pembangunan manusia (human development worker) menggalang kerjasama aparat dan masyarakat untuk bersama mengurangi resiko stunting di Dakung.

Program kader pembangunan manusia (KPM) ini dilakukan dengan memilih anggota masyarakat yang mempunyai kepedulian dan bersedia mendedikasikan diri untuk ikut berperan dalam pembangunan manusia di desa, terutama dalam monitoring dan fasilitasi konvergensi penanganan stunting. Lebih dari itu seorang KPM harus meluangkan waktunya untuk memastikan bahwa masyarakat desa dapat menggunakan dan memanfaatkan fasilitas program penanganan stunting secara maksimal.

Wakil Presiden dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah memberikan perhatian yang sungguh-sungguh untuk mengatasi stunting di Dakung, "Saya didampingi oleh para menteri hari ini agar masyarakat juga dapat melihat bahwa pemerintah betul-betul serius untuk menangani masalah stunting," tuturnya.

Agar Wakil Presiden dan rombongan mendapat gambaran yang utuh dari rangkaian acara peninjauan ini TNP2K melakukan fasilitasi dan penyediaan informasi seputar upaya pemerintah dalam melakukan konvergensi penanganan stunting di Dakung seperti penyediaan air bersih, sumur bor dan proyek jamban. Selama peninjauan Wakil Presiden ini Ketua Kelompok Kerja Kebijakan TNP2K Elan Setiawan bertindak sebagai fasilitator didampingi oleh Program Leader for Human Development – World Bank Indonesia, Camilla Raad Holmemo.

Dalam kesempatan berbincang singkat, Presiden Bank Dunia menanyakan hal-hal yang dibutuhkan oleh para ibu penerima program keluarga harapan. Dengan serempak para ibu meminta agar pemerintah dapat memberikan tambahan dari yang sudah diberikan selama ini. Mendengar pernyataan para ibu tersebut, seluruh peserta rombongan tertawa dan Wakil Presiden mengangguk-anggukan kepala.

 

Wapres Kunjungi Konvergensi Penanganan Stunting di Lombok Tengah

Seorang penerima program keluarga harapan berbincang dengan Wakil Presiden.

Dalam peninjauan ini Wakil Presiden juga didampingi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono dan Menteri Desa Eko Putro Sandjojo serta Gubernur Lombok Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi.