Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan - TNP2K
Artikel

Lokakarya Teknis Ujicoba SIM/MIS dan Pengaduan BSM-KIP

Februari 6, 2015 17:00:00 pm


Untuk memastikan penerima manfaat program BSM Madrasah dapat terus menjadi penerima manfaat sampai mereka lulus baik lulus dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrash Aliyah (MA), selain itu memastikan bahwa manfaat program BSM yang diterima oleh penerima manfaat tepat sasaran, tepat waktu dan tepat jumlah serta dapat terus dipantau dan dievaluasi, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) menyelenggarakan “Lokakarya Teknis Ujicoba SIM/MIS BSM Madrasah dan Aplikasi Pengaduan Program BSM-KIP,” yang diadakan pada 27-28 Januari 2015, lalu di Yoyakarta.

Lokakarya ini diikuti oleh beberapa unsur terkait di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) baik dari perwakilan pelaksanaan program maupun perwakilan pendataan (operator) di Kantor Wilayah (Kanwil) provinsi DI Yogyakarta dan kantor Kementerian Agama (Kankemenag) di Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, Sleman, Kulon Progo dan Kota Yogyakarta.

Dalam sambutannya Kepala Kanwil DIY, Dr. H. Maskul Hajim menyatakan bahwa pihaknya siap untuk berperan serta secara aktif dalam melakukan ujicoba pengembangan SIM/MIS program BSM Madrasah ini. Acara dibuka oleh Direktur Pendidikan Madrasah-Kemenag, Nur Kholis Setiawan dan dilanjutkan dengan paparan beberapa narasumber, perwakilan Direktorat Pendidikan Madrasah, Kemenag –Widiaji, Kasubag Perencanaan Kemenag-Dodi, Kabid Kanwil Provinsi DIY- Drs. H. Noor Hamid, M.Pd.I serta  tim TNP2K.

Agenda selanjutnya dipaparkan tentang aplikasi MIS program BSM Mandrasah oleh TNP2K yang telah dibangun beserta praktek langsung penggunaan aplikasi MIS BSM tersebut oleh peserta Lokakarya Teknis dimana pelaksana program baik dari Kanwil maupun dari Kankemenag Kab/Kota yang ada di DIY, mencoba menggunakan aplikasi dengan melakukan pembaharuan data penerima BSM terbaru di masing – masing wilayah.

Hari kedua lokakarya, membahas sistem penanganan pengaduan Program BSM- KIP disertai praktek langsung penggunaan aplikasi pengaduan BSM-KIP yang telah dibangun dan digunakan dalam pengaduan Program Indonesia Pintar melalui penerbitan KIP. Kegiatan ditutup oleh Lum Eddy, Direktorat Pendidikan Madrasah Kemenag.

Untuk tindak lanjut kedepannya diharapkan Kantor Wilayah Provinsi dan Kantor Kementerian Agama Kab/Kota terutama pelaksana Program BSM yang akan berubah menjadi Program Indonesia Pintar serta operator data di masing – masing wilayah dapat menggunakan aplikasi yang telah dibangun terutama untuk pendataan penerima program serta penanganan pengaduan program yang lebih baik lagi.

Kembali

Loading...
Tutup