Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan - TNP2K
Artikel

Perluasan Ujicoba Program Listrik Bagi Masyarakat Miskin di Amanuban Timur, TTS

April 25, 2017 10:00:00 am

 

 

Setelah inisiatif Ujicoba Program Listrik bagi Masyarakat Miskin yang dilakukan di tiga desa (Oemaman, Kusi Utara dan Naileu) kepada 283 Rumah Tangga Sasaran  di Kabupaten Timor Tengah Selatan selesai dilakukan akhir 2016 lalu, selanjutnya Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) memperluas daerah ujicoba di Kecamatan Amanuban Timur, Desa Tliu kepada 97 Rumah Tangga Sasaran. 

Dalam tahapan Sosialisasi dan Edukasi yang dilakukan pada 21-22 April 2017, bertempat di kantor Bappeda TTS serta keesokan harinya dilanjutkan di Balai Desa Tliu. Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa, kepala urusan terkait, tokoh masyarakat, Kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pemuda Muhammadiyah, Camat, Yayasan Besi Pae, Kopernik, Lazismu serta dihadiri oleh 97 rumah tangga calon penerima manfaat.

Membuka kegiatan ini, Regi Wahono, Koordinator Program Kemitraan dengan sektor dan swasta dan masyarakat menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan dalam bentuk lampu tenaga surya merupakan aset desa dan diharapkan bantuan yang diberikan menjadi stimulan bagi rumah tangga calon penerima manfaat untuk lebih produktif serta dapat mensejahterakan hidup.

Melalui forum ini terbentuk tim pengelola desa yang berfungsi mengelola iuran yang disepakati per bulannya sebesar Rp 5.000 dari 97 Rumah Tangga Penerima Manfaat serta kesepakatan untuk pengalokasian dana desa bagi rumah tangga yang belum mendapatkan Solar Home System (SHS) dari program ini. Selain itu kedepannya akan diberikan pendampingan secara intensif sekaligus bagi tim pengelola desa termasuk untuk menjadi agen garansi dan penjualan.

Kopernik yang hadir dalam kegiatan ini pula menginformasikan cara pemasangan serta perawatan SHS agar senantiasa berfungsi secara baik dan maksimal. Bersamaan dalam kegiatan ini pula sudah mulai dilakukan instalasi kepada 10 Rumah Tangga Penerima Manfaat oleh Yayasan Besi Pae dan Kopernik dan selanjutnya secara bertahap akan terus dilakukan hingga akhir minggu ini.

 

 

Kembali

Loading...
Tutup