Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan - TNP2K
Artikel

TNP2K Beri Masukan Penyelenggaraan City Sanitation Summit

Nopember 13, 2017 11:00:00 am

 Group photo

 

Jajaran pengurus Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) yang dipimpin oleh Walikota Balikpapan Rizal Effendi menemui Sekretaris Eksekutif TNP2K Bambang Widianto untuk mendapat masukan mengenai rencana penyelenggaraan “City Sanitation Summit XVII” (CSS) yang akan diselenggarakan di Makassar awal Desember mendatang.

Dalam paparannya, Rizal menyampaikan maksud pihak penyelenggaran untuk mengundang Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membuka acara tersebut.

Sekretaris Eksekutif TNP2K menyambut baik undangan tersebut mengingat pemerintah saat ini terus berupaya menjalankan berbagai program terkait sanitasi sebagai upaya menanggulangi persoalan stunting di Indonesia. Bambang menyatakan bahwa apa yang tengah dilakukan oleh AKKOPSI juga mengacu kepada pilar ketiga penanganan stunting yang telah dicanangkan oleh pemerintah secara nasional dimana diperlukan konvergensi, koordinasi dan konsolidasi program nasional, daerah dan masyarakt untuk menangani stunting.

Sementara itu Walikota Makassar Danny Pomanto yang menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan acara CSS XVII memberikan paparan mengenai berbagai contoh program sanitasi yang telah dilakukan di daerahnya.

Menanggapi paparan tersebut, Bambang menjelaskan bahwa saat ini pemerintah telah memiliki daftar 100 desa termiskin di Indonesia dimana anggota AKKOPSI dapat bertindak sebagai pembimbing kepada daerah-daerah tersebut dalam melaksanakan program sanitasi sehingga permasalahan stunting di daerah tersebut dapat ditanggulangi lebih cepat dan terarah.

“Saya berharap AKKOPSI dapat memaparkan praktek-prakter terbaik yang telah diterapkan di daerah para anggotanya sekaligus menggandeng daerah yang ada dalam daftar 100 desa tertinggal tersebut sehingga mereka bisa melihat secara langsung perubahan positif di masyarakat dari upaya-upaya penyelenggaraan sanitasi,” tutur Bambang.

Direktur Eksekutif AKKOPSI Josrizal Zain menyambut baik masukan TNP2K untuk menjalankan program bimbingan bagi daerah termiskin sudah sejalan dengan kegiatan organisasi selama ini. AKKOPSI juga akan mengintegrasikan masukan TNP2K dalam menjalankan program-program organisasi kedepannya.

Acara koordinasi ini juga dihadiri oleh Bupati Cimahi Ajay M. Priatna serta perwakilan MCA Indonesia. 

Kembali

Loading...
Tutup