Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan - TNP2K
Artikel

TNP2K Partisipasi Kampanye Stunting Nasional di Kompas TV

Januari 31, 2018 11:40:00 am

Talk show

 

Permasalahan stunting merupakan hal yang sangat serius dan kesadaran masyarakat akan upaya pencegahannya sangat diperlukan untuk menghindari masalah ekonomi dan kesehatan yang akan mendera bangsa dan negara jika masalah ini diabaikan.

Dalam acara talk show Kompas TV Rabu pagi (31/1) Direktur Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan Riskiana Sukandhi Putra mengatakan bahwa kesadaran seorang calon ibu untuk menjaga kondisi kesehatan, asupan gizi dan kebersihan lingkungan selama 1.000 pertama terhitung sejak sebelum bayi lahir hingga berusia 2 tahun sangat menentukan bagi seorang anak untuk terhindar dari stunting, “Harus dipahami bahwa kecukupan gizi itu sudah harus dilakukan semenjak bayi tersebut dalam kandungan ibu. Selanjutnya setelah lahir, seluruh hak anak atas ASI, imunisasi dan kebersihan itu semua harus diberikan,” tuturnya.

Ruddy Gobel

 

Sementara itu Kepala Unit Komunikasi dan Kemitraan Ruddy Gobel mengatakan bahwa persoalan stunting bukan semata masalah kesehatan namun lingkungan yang mendukung merupakan faktor yang sangat penting untuk memastikan seorang anak terhindar dari kondisi stunting, “Kepedulian seluruh pemangku kepentingan mulai dari anggota keluarga, perangkat desa, pemerintah daerah serta seluruh instansi pemerintah baik daerah dan pusat untuk bekerjasama guna memastikan ketersediaan sarana sanitasi, kecukupan gizi dan layanan kesehatan itu merupakan keharusan,” tegasnya.

Disebutkan juga bahwa pemerintah telah memberikan alokasi dana yang cukup untuk melakukan kegiatan penanganan stunting yang diperlukan adalah sinkronisasi dan konvergensi seluruh kegiatan yang berkaitan dengan penanganan masalah stunting di masing-masing kementerian dan lembaga.

Acara talk show ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan kampanye stunting nasional yang dikoordinasi oleh Kementerian Informasi dan Informatika.

Kembali

Loading...
Tutup