Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan - TNP2K
Unduh

Unduh

Kategori

DAFTAR MATERI UNDUHAN
100 Kabupaten/Kota Prioritas untuk Intervensi Anak Kerdil (Stunting)_Volume 1

100 Kabupaten/Kota Prioritas untuk Intervensi Anak Kerdil (Stunting)_Volume 1

Agustus 2017
 
Sehat, tumbuh dengan baik dan didukung oleh pendidikan yang berkualitas maka mereka akan menjadi generasi yang menunjang kesuksesan pembangunan bangsa. Sebaliknya jika anak-anak terlahir dan tumbuh dalam situasi kekurangan gizi kronis, mereka akan menjadi anak kerdil (stunting).

Kerdil (stunting) pada anak mencerminkan kondisi gagal tumbuh pada anak Balita (Bawah 5 Tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis, sehingga anak menjadi terlalu pendek untuk usianya. Kekurangan gizi kronis terjadi sejak bayi dalam kandungan hingga usia dua tahun. Dengan demikian periode 1000 hari pertama kehidupan seyogyanya mendapat perhatian khusus karena menjadi penentu tingkat pertumbuhan fisik, kecerdasan, dan produktivitas seseorang di masa depan.

Saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara dengan prevalensi stunting yang cukup tinggi dibandingkan dengan negara-negara berpendapatan menengah lainnya. Situasi ini jika tidak diatasi dapat mempengaruhi kinerja pembangunan Indonesia baik yang menyangkut pertumbuhan ekonomi, kemiskinan dan ketimpangan.

Penanganan stunting perlu koordinasi antar sektor dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan seperti Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Dunia Usaha, Masyarakat Umum, dan lainnya. Presiden dan Wakil Presiden berkomitmen untuk memimpin langsung upaya penanganan stunting agar penurunan prevalensi stunting dapat dipercepat dan dapat terjadi secara merata di seluruh wilayah Indonesia.

Buku “100 Kabupaten/Kota Prioritas untuk Intervensi Anak Kerdil (Stunting)” ini memuat daftar Kabupaten/Kota yang menjadi prioritas penanganan stunting untuk tahun 2017 dan 2018. Buku ini dimaksudkan sebagai rujukan bagi pemangku kepentingan untuk mengalokasikan sumber daya pada wilayah prioritas dengan mempertimbangkan berbagai kondisi terkait stunting di wilayah tersebut.

Saya harapkan Para Menteri, Pimpinan Lembaga, Gubernur, dan Bupati/Walikota agar menggunakan buku ini untuk memfokuskan seluruh kegiatan yang dapat mengurangi stunting.

================================================================================

Anda dipersilakan untuk menyalin, menyebarkan dan mengirimkan karya ini untuk tujuan non-komersial. 

Untuk meminta salinan laporan ini atau keterangan lebih lanjut mengenai laporan ini, silakan hubungi TNP2K-Unit Komunikasi dan Pengelolaan Informasi.

 

Kategori

Buku

Tanggal Posting

14 Agustus 2017

back   Unduh

Loading...
Tutup