Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan - TNP2K
Program

Kabupaten Peserta Tahap Uji Coba

Map of lokasi Peserta Tahap Pra Uji Coba


Kaimana, Papua Barat

Inovasi. Kabupaten Kaimana memiliki perhatian besar terhadap pendidikan dan perhatian khusus untuk sekolah-sekolah terpencil. 15 persen dari APBD dialokasikan untuk pendidikan, yang termasuk: (1) tunjangan tambahan untuk guru berdasarkan keterpencilan, (2) BOSDA berdasarkan keterpencilan dan kinerja sekolah, dan (3) tunjangan transportasi untuk kepala sekolah dan pengawas. Selain itu, Bupati Kaimana memberikan dukungan dengan pembelian 5 motor boat untuk operasional PNPM dan diadakannya Program Pemberdayaan Kampung (P2K) yang mengadopsi dan menyesuaikan mekanisme PNPM dengan kondisi lokal yang memberikan dana, termasuk untuk pendidikan, kepada setiap desa/ kelurahan. 

Tantangan. Kabupaten Kaimana baru mendapatkan nilai 39 persen dalam indeks gabungan pendidikan yang mencakup keberadaan fasilitas, kualifikasi guru, dan fasilitas pendidikan (Bank Dunia, 2012). Temuan dari satu sekolah terpencil di Kaimana menunjukan bahwa setengah dari jumlah guru PNS di sekolah tersebut mendapatkan tunjangan sertifikasi, namun guru-guru tersebut ditemukan sering tidak aktif dan alhasil nilai belajar siswa semakin menurun. Dan di Papua Barat tingkat kemangkiran guru mencapai 26 persen (UNICEF, 2012).  

Kaimana FGD

Kaimana, Papua Barat - Partisipasi masyarakat dalam Focus Group Discussion di Kabupaten Kaimana.

Keerom, Papua

Inovasi. Kabupaten Keerom memiliki perhatian besar terhadap pendidikan dan perhatian khusus untuk sekolah-sekolah terpencil. 16,47 persen dari APBD dialokasikan untuk pendidikan, termasuk (1) BOSDA, (2) gaji guru kontrak, dan (3) dana Program Bantuan Keuangan kepada Kampung (BK3) untuk pendidikan. Kabupaten Keerom telah mendefinisikan distrik sesuai dengan tingkat keterpencilan (penyanggah, terjangkau, terpencil, dan sangat terpencil). Dana dari Otonomi Khusus dialokasikan untuk tambahan penghasilan bagi guru di daerah terpencil, dengan besaran yang disesuaikan dengan tingkat keterpencilan.

Tantangan. Kemangkiran guru dan kepala sekolah cukup tinggi di beberapa sekolah di Distrik Skanto dan Arso Timur. Pada kunjungan yang dilakukan bulan April tahun 2013, 6 dari 10 SD di Distrik Senggi ditemukan belum menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara rutin dan ketidak aktifan kepala sekolah. Sebagian guru juga mengeluhkan keterlambatan gaji guru. Pengusulan Tunjangan Khusus (TK) belum memprioritaskan guru-guru di sekolah terpencil, dengan 69,47 persen dari Tunjangan Khusus (TK) dialokasikan untuk guru-guru di daerah penyanggah. Dengan persediaan tambahan penghasilan, jumlah guru-guru yang mau bertugas di sekolah terpencil meningkat pada awal 2013. Namun setelah 6 bulan, guru-guru tersebut kembali ke kota karena belum menerima tambahan penghasilan. Guru dan masyarakat mengharapkan pemerintah menjadi lebih transparan tentang pengalokasian tunjangan dan pengelolaan dana sekolah.

School Committee Papua

"Sekarang guru, harus kejar nasibnya sendiri, sampai meninggalkan sekolah. Mestinya Kepala Sekolah yang urus nasib guru." Komite Sekolah di salah satu sekolah terpencil di Kabupaten Keerom.

Ketapang, Kalimantan Barat

Inovasi. Kabupaten Ketapang memiliki perhatian khusus untuk sekolah-sekolah terpencil. Setengah dari jumlah SD (233 dari 528) ditetapkan sebagai sekolah daerah terpencil/ perdalaman. Tambahan penghasilan/ tunjangan disediakan untuk guru PNS/ Kontrak di sekolah-sekolah tersebut. 

Tantangan. 107 dari total 233 sekolah di Kabupaten Ketapang ditetapkan sebagai terisolasi dan sulit dijangkau, dengan jarak tempuh dari kota kecamatan ke sekolah yang cukup jauh, kondisi jalan yang kurang baik, dan transportasi yang tidak memadai. Dua pertiga sekolah di daerah terpencil kekurangan guru (28% guru di kabupaten berada di sekolah terpencil), dan guru-guru yang ada di daerah terpencil memilki kualifikasi yang masih sangat rendah.


Ketapang Students Lowres

Ketapang, Kalimantan Barat- murid SD kelas 4 yang berinisiatif mengajar teman-temannya sewaktu guru tidak hadir

Kembali ke atas

Loading...
Tutup