Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan - TNP2K
Program

Sosialisasi & Edukasi

Setelah melalui beberapa tahapan terkait ujicoba program listrik bagi masyarakat miksin, selanjutnya Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melakukan tahapan sosialisasi dan edukasi kepada perangkat desa di tiga desa yang diadakan di Bappeda dan dilanjutkan di masing-masing desa kepada 283 Rumah Tangga Penerima Manfaat. 

Kegiatan ini dihadiri oleh perangkat desa (kepala desa, kepala urusan terkait, tokoh masyarakat) dari masing-masing desa, Kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Camat, perwakilan dari Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), perwakilan dari PMD, Yayasan Besi Pae, dan Kopernik.

Dari target awal 283 Rumah Tangga Penerima Manfaat didapat hasil dari verifikasi yaitu 230 Rumah Tangga (RT)  langsung ditetapkan sebagai rumah tangga penerima manfaat  dengan rincian sebagai berikut: Naileu (61 RT), Kusi Utara (21 RT) dan Oemaman (148 RT), sisanya sebanyak 53 RT ditetapkan melalui musyawarah bersama Kepala Desa, Ketua BPD dan tokoh masyarakat dari masing-masing desa. 


Sosialisasi di Desa Oemaman kepada 168 Rumah Tangga Penerima Manfaat


Melalu forum ini terbentuk tim pengelola tingkat kabupaten dan desa yaitu:

  • Kesepakatan antara masyarakat desa (penerima manfaat) dengan tim pengelola tingkat desa mengenai mekanisme dan pengelolaan keuangan sebagai modal operasi tim pengelola; 
  • Kesepakatan pengalokasian dana desa untuk rumah tangga yang tidak mendapatkan solar system dari program ini.
  • Kesepakatan pendampingan secara intensif sekaligus pelatihan bagi tim pengelola desa termasuk untuk menjadi agen garansi dan penjualan. 
Pada kegiatan ini pula secara bersamaan sudah mulai dilakukan instalasi di beberapa rumah penerima manfaat (6 RT di desa Oemaman, 5 RT di Kusi Utara dan 27 RT di Naileu) oleh Yayasan Besi Pae dan Kopernik dan selanjutnya secara bertahap akan terus dilakukan hingga akhir minggu ini.

 
Keluarga Tanesab (salah satu rumah tangga penerima manfaat) sebelum menerima bantuan lampu tenaga surya


Ibu Tanesab dapat melanjutkan pekerjaan menenun di malam hari dan kegiatan produktif lainnya
setelah dipasang lampu tenaga surya

Kembali ke atas

Loading...
Tutup