Training of Trainer For Social Assistance Distribution Pilot Project

31 January 2019


TNP2K melakukan uji coba penyaluran bantuan sosial subsidi dengan menggunakan teknologi biometric. Pelaksanaan uji coba ini dimulai dengan penyelenggaraan training of trainer (ToT) dari hotel Sari Pacific Jakarta pada tanggal 31 Januari 2019.

Kepala Unit Komunikasi TNP2K Ruddy Gobel dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan uji coba ini adalah untuk memberikan landasan bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan, "Hasil dari uji coba ini akan memberikan data dan fakta lapangan yang akan membantu pemerintah untuk melakukan penyempurnaan dalam menyalurkan bantuan sosial dan subsidi bagi masyarakat yang tidak mampu," kata Ruddy.

Uji coba ini akan menyasar sekitar 14,000 rumah tangga penerima manfaat di Sumatera Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur dan Sulawesi Utara. Para penerima manfaat dipilih dari data terpadu penanganan fakir miskin yang tercantum dalam surat keputusan Menteri Sosial  nomor 32 tahun 2016 dan telah diverifikasi oleh PLN untuk pemberian subsidi listrik bagi masyarakat miskin. 

Selain mengujicobakan teknologi biometric berbasis blockchain, TNP2K juga menguji teknologi berbasis layanan pesan singkat (SMS) dan KTP-el sebagai pembanding. Bank pemerintah yang mendukung uji coba ini adalah BRI, BNI dan Mandiri sementara mitra penyedia teknologi adalah Everest dan PT Vox. Pelaksanaan uji coba ini akan berlangsung hingga bulan Juni 2019