Accelerate the Elimination of Extreme Poverty with P3KE Data

29 October 2022


 
Gambar 1. Layanan Data P3KE
Sumber: Dokumentasi Kegiatan

Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin selaku Ketua Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) telah menegaskan perlunya akurasi sasaran sebagai penentu efektivitas dan kualitas implementasi intervensi penghapusan kemiskinan ekstrem. Hal ini disampaikan dalam Rapat Pleno Khusus TNP2K tentang Pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2022 pada bulan Agustus lalu. Inpres tersebut merupakan regulasi tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem yang ditargetkan mencapai 0% kemiskinan ekstrem di tahun 2024. 

Akurasi sasaran merupakan bagian dari tiga instrumen kebijakan yang termuat di dalam regulasi tersebut. Ketiga instrumen terdiri dari pertama, penetapan wilayah prioritas penghapusan kemiskinan ekstrem. Kedua, data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Terakhir adalah pelaksanaan pedoman umum percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Ketiga strategi tersebut harus diiringi dengan kerja bersama mengingat kemiskinan merupakan suatu permasalahan yang bersifat multidimensi. Sehingga, dalam upaya penghapusan kemiskinan dibutuhkan intervensi multi aktor dan multi sektor. Selain itu, diperlukan sinergitas dan konvergensi program sebagai langkah yang efektif menghapus kemiskinan ekstrem. Sehingga, data P3KE sebagai basis data yang akurat tidak hanya digunakan oleh satu dua aktor saja, tetapi dapat digunakan untuk seluruh intervensi yang akan dilakukan oleh berbagai aktor pemerintah maupun non pemerintah. 

Pemanfaatan data P3KE sebagai komplemen Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bersumber dari data Pendataan Keluarga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Data ini relatif baru dan memiliki karakteristik yang memenuhi syarat untuk dilakukan pemeringkatan. Sehingga, data P3KE sebagai keluaran proses pemeringkatan memiliki rincian desil 1 hingga desil 10 yang akan membantu penentuan sasaran intervensi.

Melihat urgensi data P3KE agar bersama-sama menjadi basis data, maka perlu disosialisasikan dengan baik pada setiap aktor termasuk kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Oleh karena itu, Presiden telah memberikan arahan yang bersifat nasional. Dalam pertemuan nasional yang dihadiri oleh seluruh Pimpinan Kementerian dan Lembaga, Kepala Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Jakarta pada Kamis, 29 September 2022 Presiden Republik Indonesia memberikan arahan untuk menggunakan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) sebagai acuan dalam pelaksanaan intervensi penghapusan kemiskinan ekstrem. 

Presiden Jokowi menyatakan kesediaan data yang sudah jelas by name by address merupakan kabar baik karena maknanya sasaran untuk intervensi sudah jelas. Maka dari itu, Presiden mengarahkan intervensi bantuan sosial, intervensi lingkungan, intervensi bangunan fisik rumah, dan juga sarana prasarana air bersih dapat dilakukan dengan basis data P3KE. 

 
Gambar 2. Arahan Presiden kepada Pimpinan Kementerian dan Lembaga, Kepala Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia pada 29 September 2022
Sumber: Dokumentasi Kegiatan

TNP2K secara aktif terlibat sebagai fasilitator bagi pemerintah daerah dalam mengakses informasi seputar data P3KE dan kemiskinan ekstrem. Melalui 5 (lima) booth yang disediakan sesuai wilayah, TNP2K menyediakan layanan informasi dan bantuan untuk prosedur permohonan data P3KE bersama dengan Kementerian dan Lembaga terkait terkhusus Kemenko PMK. Selain itu, TNP2K menyediakan produk-produk pengetahuan seperti instrumen kebijakan tentang penghapusan kemiskinan ekstrem, buku pedoman, dan lain sebagainya. 

Harapannya dengan kesediaan data P3KE dan upaya TNP2K menyediakan informasi yang lengkap seputar kemiskinan ekstrem, tidak ada penghalang bagi setiap pihak untuk mengambil peran turut andil dalam pengentasan kemiskinan ekstrem. Mari kerja bersama menghapus kemiskinan ekstrem!

Bagi para pembaca yang tertarik dengan tema-tema seputar penanggulangan kemiskinan, silahkan mengunduh produk-produk pengetahuan TNP2K dan kunjungi repositori TNP2K di https://sinergis.tnp2k.go.id/ dan website TNP2K di www.tnp2k.go.id. Untuk mendapatkan perkembangan terbaru mengenai produk-produk pengetahuan TNP2K, silahkan ikuti akun resmi media sosial TNP2K di Instagram: @tnp2k_official dan Twitter: @tnp2k. (AH)