26 July 2013


Dalam rangka menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 54113150/SJ tentang pelaksanaan Pembagian Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan penanganan pengaduan masyarakat, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) bersama Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan temu media tentang Solusi Masalah Kepesertaan dan Pemutakhiran Data KPS pada tanggal 24 Juli 2013 di Hotel Arya Duta Makassar, Sulawesi Selatan.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu'mang, dan dihadiri oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Sulawesi Selatan, Amir Addani, Kepala Area Ritel PT. Pos Wilayah X Sulawesi, Prihadi dan Elan Satriawan, Ketua POKJA Kebijakan Monitoring & Evaluasi TNP2K.

“Esensi ketepatan sasaran distribusi KPS dan pembagian BLSM adalah memastikan bahwa KPS diterima oleh yang berhak. Mekanisme musyawarah desa/kelurahan sebagai cara yang diperlukan sebagai solusi untuk menentukan rumah tangga sasaran yang benar-benar berhak,” jelas Elan Satriawan.

Sekitar 40 wartawan dari berbagai media di Provinsi Sulawesi Selatan tampak hadir untuk mendapatkan penjelasan terkait implementasi Percepatan dan Perluasan Perlindungan Sosial (P4S) dan distribusi KPS yang sudah berlangsung sejak Juni 2013 lalu. Agus Arifin Nu'mang beserta Dinas terkait pelaksanaan P4S dan KPS juga mendapatkan kesempatan untuk menjelaskan kepada wartawan mengenai dukungan pemerintah daerah agar pelaksanannya dapat berjalan lancar.

“Dalam pelaksanaan P4S and BLSM di lapangan, pengedaran daftar rumah tangga yang terima salah satu faktor penting dalam kesuksesan program tersebut. Pasti terjadi pergeseran. Mungkin ada daerah yang bertambah, ada yang berkurang ini-nya. Karena itu, memang harus dimutakhirkan data yang dimiliki oleh TNP2K pada 2011 yang lalu,” jelas Agus Arifin Nu'mang, mengacu pada isu-isu sasaran P4S dan BLSM.

Usai dialog dengan wartawan, acara ditutup dengan buka puasa bersama. Acara serupa juga diselenggarakan di Jakarta, Medan dan Surabaya.