04 June 2013


Hampir setengah dari penduduk dunia – lebih dari 3 milyar orang – hidup dengan kurang dari $2,50 per hari. Pemerintah di seluruh dunia telah melakukan yang terbaik untuk mengurangi tingkat kemiskinan di negara mereka masing-masing namun kebanyakan dari kebijakan anti-kemiskinan gagal akibat kurangnya pemahaman mengenai kemiskinan. Masalah kemiskinan adalah masalah multi-dimensi dan lintas sektor yang harus ditangani secara komprehensif. Oleh sebab itu, perumusan pendekatan yang komprehensif dalam usaha menanggulangi kemiskinan di seluruh dunia sangatlah penting.

Meskipun Indonesia telah menunjukkan beberapa kemajuan dalam mengatasi kemiskinan absolut, beberapa tantangan tetap perlu diatasi, seperti tingkat kerentanan masyarakat, ketidaksetaraan antar daerah, dan akses pada pelayanan dasar.

Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan The Support for Economic Analysis Development in Indonesia (SEADI)- USAID Project, akan menggelar konferensi akademik tentang penanggulangan kemiskinan di Indonesia, pada tanggal 12-13 Juni di Jakarta. Tujuan dari konferensi akademik ini adalah untuk menyatukan para akademisi, pakar dan pejabat pemerintah untuk berkumpul dan bertukar informasi mengenai perkembangan terakhir dalam isu-isu kemiskinan, serta sebagai forum untuk berbagi pengalaman tentang isu-isu kemiskinan. Hasil dari konferensi ini akan digunakan sebagai masukan dalam pembuatan kebijakan kemiskinan.

Para pembicara yang akan hadir pada konferensi ini diantaranya Prof.Dr. Armida S. Alisjahbana, SE,MA Menteri PPN/Kepala Bappenas, Dr. Bambang Widianto Sekretaris Eksekutif TNP2K, Dr. Anies Baswedan Rektor Universitas Paramadina, Walikota Surabaya Ir. Tri Rismaharini, M.T, serta para ekonom senior seperti Dr. Jonathan Haughton dari Beacon Hill Institute, Suffolk University, narasumber dari ANU Australia, SMERU, ICAIOS, perguruan tinggi dan beberapa kepala daerah di Indonesia, dan lain-lain.

Seminar yang terbuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya ini nantinya juga akan membahas sub-sub tema mengenai kemiskinan dan kondisi yang mendukung, kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja, kemiskinan dan akses terhadap layanan publik, program penanggulangan kemiskinan, target program kemiskinan dan inisiatif masyarakat, serta rencana aksi penanggulangan kemiskinan dari pemerintah daerah.

Selain seminar, acara yang akan berlangsung di Hotel Grand Indonesia Kempinski, Jakarta ini juga akan diisi dengan pameran penanggulangan kemiskinan dari usaha mikro dan kecil, program-program CSR dan lembaga lain.

---


Bagi yang berminat untuk mengikuti acara ini dapat menghubungi:

Meysa 081298262641, dan Ririn 081283660855.

Email: poverty.conference@seadiproject.com


Agenda acara konferensi dapat diunduh disini