Buku Panduan Alokasi APBD Diserahkan Kepada Gubernur Jawa Tengah

29 April 2016


Sekretaris Eksekutif TNP2K Bambang Widianto menyerahkan publikasi TNP2K terbaru yang berjudul “Meningkatkan Efektivitas Anggaran Kementerian/Lembaga untuk Mengurangi Ketimpangan Kesejahteraan Antar Daerah” kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (26/4/16) di Semarang. Penyerahan tersebut dilakukan bertepatan dengan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Tengah tahun 2016 di Gedung Ghradika Bhakti Praja.

Pada kesempatan tersebut, Bambang Widianto berkesempatan untuk mempresentasikan mengenai kondisi kemiskinan dan ketimpangan secara nasional serta kondisi kesejahteraan Provinsi Jawa Tengah. Bagian yang paling penting dalam paparan tersebut adalah penjelasan mengenai analisis terhadap kesejahteraan multi dimensi Provinsi Jawa Tengah, termasuk kabupaten/kota, dikaitkan dengan anggaran yang dialokasikan melalui APBD kabupaten/kota masing-masing.

Analisis Kesejahteraan multi dimensi tersebut melihat kriteria pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur dasar seperti sanitasi, air minum layak dan akses terhadap listrik.

Bambang Widianto mengatakan bahwa buku yang diserahkannnya dapat menjadi panduan bagi Pemerintah Daerah dalam melakukan proses penganggaran sesuai dengan prioritas dan kondisi kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut untuk mengurangi ketimpangan.

Buku berjudul "Meningkatkan Efektivitas Anggaran Kementerian/Lembaga untuk Mengurangi Ketimpangan Kesejahteraan Antar Daerah", dimaksudkan untuk memberi gambaran tentang kondisi kesejahteraan dan alokasi anggaran (APBD) dalam dimensi-dimensi yang berkaitan dengan pemenuhan pelayanan dasar.

Selain itu juga, buku ini diharapkan menjadi rujukan bagi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam mengalokasi anggaran belanja untuk pembangunan di daerah.

Untuk mengunduh buku tersebut silakan unduh di sini.