Pelatihan Verifikasi Enumerator Uji Coba Listrik bagi Masyarakat Miskin

25 October 2016


Terkait kegiatan uji coba Program Listrik bagi Masyarakat Miskin yang akan dilakukan di kabupaten Timor Tengah Selatan, di tiga desa: Naileu, Oemaman dan Kusi Utara pada Rabu (19/10) telah dilakukan pelatihan bagi para enumerator yang akan melakukan verfikasi Rumah Tangga Sasaran (RTS) bertempat di kantor Bappeda oleh tim monitoring dan evaluasi (Monev) Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Adapun 13 enumerator yang akan melakukan verifikasi terdiri dari beberapa instansi yaitu: Bappeda, Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) dan Yayasan Besi Pae.

Kegiatan pelatihan dibuka dengan sambutan dari Gede Witadarma, Kepala Bappeda yang menyampaikan bahwa pihaknya serta jajarannya siap menerima pelatihan terkait verifikasi uji coba listrik bagi masyarakat miskin agar data RTS yang diserahkan ke TNP2K tepat sasaran. “Kami berusaha untuk segera memverifikasi 283 RTS untuk kemudian kami laporkan ke TNP2K paling lambat 28 Oktober ini, sehingga dapat mempercepat proses selanjutnya yaitu edukasi dan pemasangan perangkat,” ujarnya.

Pelatihan verfikasi disampaikan oleh Ekki Syamsulhakim dan M. Alif Ghifari dari tim Monev TNP2K yang menjelaskan komponen-komponen penting dalam pengisian kuisioner serta beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan wawancara dengan responden. Dalam pelatihan ini juga dilakukan sesi simulasi agar peserta lebih paham saat di lapangan.

Usai pelatihan, para enumerator dibagi beberapa kelompok dan langsung melakukan verifikasi ke desa Naileu dengan target 85 RTS dilanjutkan desa Oemaman 168 RTS dan Kusi Utara 30 RTS yang dilakukan secara bertahap. Setelah proses verifikasi selesai, rencananya akan dilakukan tahap selanjutnya yaitu sosialisasi dan edukasi kepada RTS serta pemasangan solar panel yang dijadwalkan pertengah November mendatang.