Koordinasi dan Sosialisasi Program Indonesia Pintar (PIP) 2016

24 June 2016


Dalam rangkaian koordinasi dan sosialisasi pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) 2016, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Workshop Nasional Koordinasi dan Sosialisasi PIP SMA selama 2 (dua) tahap. Kegiatan tersebut dimulai pada tahap pertama, 14 – 16 Juni dan tahap kedua 19-21 Juni bertempat di Hotel Harris and Conventions Ciumbuleuit, Bandung.

Dyah Larasati, anggota Kelompok Kerja (Pokja) Kebijakan Program Bantuan Sosial dari Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang hadir sebagai narasumber selama dua tahapan pelaksanaan workshop, menjelaskan mengenai pemanfaatan Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin sebagai dasar pengusulan anak usia sekolah (6-21 tahun) yang aka menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) pada 2016.

Dyah juga menyampaikan secara singkat beberapa inisiatif kegiatan yang telah dilakukan (bersama dengan Kemendikbud serta Kementerian Agama/Kemenag dibawah koordinasi dengan Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan/Kemenko PMK) dalam rangka mempersiapkan mekanisme untuk menjangkau anak tidak sekolah yang menerima KIP tahun ini; diantaranya melalui studi kualitatif tentang fenomena anak tidak sekolah di 3 kab/kota, uji petik anak tidak sekolah di 7 kab/kota dan kunjungan lapangan ke 3 wilayah (Surabaya, Kabupaten Bogor dan Gunung Kidul) untuk mengetahui kesiapan pemerintah daerah di dalam upaya menjangkau anak tidak sekolah yang menerima KIP tahun ini.

Selain itu beberapa topik lain yang disampaikan adalah mengenai kebijakan pemerintah (Kemendikbud) tentang PIP 2016, evaluasi proses pencairan dana PIP SMA yang dibawakan oleh BNI, pendayagunaan Dapodik sebagai salah satu basis data pengusulan penetapan dana/manfaat PIP bagi siswa SMA, serta informasi dari Direktorat SMA terkait proses cetak dan pengiriman KIP untuk tingkat SMA di 2016.

Acara dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah - Kemendikbud, Thamrin Kasman, beserta pejabat di lingkungan Direktorat Pembinaan SMA – Ditjen Dikdasmen, Kemendikbud. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 553 peserta yang terdiri dari Kepala Bidang (Kabid) atau pejabat setingkat yang berasal dari Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.