Rapat Konsinyering Mekanisme Subsidi Tepat Sasaran

19 November 2015


Sebagai tindak lanjut atas pelaksanaan uji coba pendataan rumah tangga miskin dan rentan miskin beberapa waktu lalu, maka pada 17-18 November 2015 diselenggarakan kegiatan Konsinyering Mekanisme Subsidi Tepat Sasaran bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta.

Adapun agenda dalam kegiatan ini membahas mekanisme pendataan rumah tangga tidak mampu, koordinasi antar lembaga daerah, sosialisasi dan dukungan legal program subsidi listrik. Rapat ini dibagi empat kelompok diskusi yang membahas: tim teknis pendataan, tim sosialisasi, tim teknologi informasi dan tim legal.

Dihari kedua keempat tim tersebut melakukan rapat pleno untuk mendiskusikan dan mempresentasikan hasil diskusi guna mendapat input dari peserta rapat. Melalui rapat konsinyering yang diprakarsai oleh PLN selama 2 hari ini dihasilkan rekomendasi mekanisme pendataan, sosialisasi program, aplikasi dan dukungan legal terkait subsidi listrik serta akan dilaporkan kepada pimpinan instansi masing-masing untuk difinalisasi dan diputuskan.

PT Pos Indonesia yang juga hadir dalam rapat ini memberikan masukan mengenai mekanisme pendataan berdasarkan pengalamannya termasuk waktu, biaya dan proses. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari berbagai instansi seperti Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Direktorat Jendral Ketenagalistrikan, dan Pos Indonesia.