Complaints and KPS Tracking System

Jika ada pengaduan terkait dengan kepesertaan Kartu Perlindungan Sosial (KPS), Pemerintah telah menyediakan layanan pengaduan melalui Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang dapat disampaikan melalui situs www.lapor.ukp.go.id atau melalui SMS ke 1708 dengan mengetik KPS (spasi) Nomor KPS (spasi) isi aduan. Sementara bagi yang bukan penerima Kartu Perlindungan Sosial dapat mengirimkan SMS ke 1708 dengan mengetik KPS (spasi) isi aduan.

SMS Gateway

Setelah KPS diterima, RT dapat mengirimkan SMS ke nomor 0857-7111-7000 untuk mengkonfirmasi ketepatan nomor kartu, nama kepala rumah tangga. Cara mengirimkan SMS adalah dengan sebagai berikut:

Ketik Nomor KPS#Nama Kepala Keluarga

Contoh: 888BDF56789009#Sugiarto

SMS Gateway khusus untuk KPS, lebih berfungsi untuk konfirmasi, tanpa konsekuensi kepada manfaat Kartu Perlindungan Sosial (KPS).